Pengertian IT Audit Trail, Real Time Audit, IT Forensics

IT Audit Trail

Audit Trail adalah salah satu fitur dalam program yang mencatat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log. Jenis kegiatan ini bisa berupa menambah, merubah ataupun menghapus. Dasar ide dari audit trail adalah menyimpan asal muka suatu data dan siapa yang bisa menampilkannya secara kronologis. IT audit trail merupakan suatu bagian yang ada di dalam program yang kegiatannya mencatat kegiatan-kegiatan audit yang secara rinci dilakukan oleh pengguna. Dengan adanya IT audit trail maka kita bisa mengetahui apa saja uang dilakukan pengguna. Dengan adanya ini diharapkan semua kegiatan dapat tercatat dengan baik dan dapat digunakan jika suatau saat nanti dibutuhkan.

Real Time Audit

Merupakan pengelolaan informasi yang penting pada setiap proses untuk memastikan bahwa semua itu direkam, disimpan, dikirim, dianalisis, dan diakses secara real time dengan imput data dan akses yang berada langsung di lokasi manapun. Eal time audit adalah teknologi yang berdiri sendiri namun memiliki relevansi langsung dengan sebagian besar aplikasi yang bersifat vertical.

IT Forensics

Merupakan pangunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu system computer dengan menggunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan criminal. Tujuan IT forensics adalah mendapatkan fakta-fakta objektif dari sebuah insiden atau pelanggaran keamanan system informasi. Fakta tersebut setelah diverifikasi akan menjadi bukti yang akan digunankan dalam proses hokum selanjutnya.

Sumber :
http://diemust23.blogspot.com/2012/03/ciri-ciri-profesional-it-jenis-jenis.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: