Teknologi Layar Sentuh

1. PENDAHULUAN

Komputer Tablet

Komputer Tablet (Tablet Computer/Tablet PC) merupakan komputer yang berbentuk sebuah layar datar tipis yang di dalamnya sudah terintegrasi dengan prosesor, memori dan komponen pendukung lainnya. Ciri khas yang paling menonjol dari sebuah komputer tablet adalah tidak memiliki papan ketik konvensional (keyboard) dimana setiap pengoperasian mengandalkan layar sentuh (touch screen) dan keyboard virtual yang muncul di layar pada saat diperlukan.

Dengan ukurannya yang kompak kemampuan komputer tablet yang beredar saat ini sudah cukup baik seperti untuk berselancar di dunia maya, melihat koleksi foto, mengetik, dan pekerjaan ringan lainnya, namun dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat, cepat atau lambat suatu saat nanti kemampuannya pasti akan menyamai laptop maupun desktop.

2. ISI

Layar Komputer Tablet

Saat ini ada beberapa ukuran layar komputer tablet yang beredar di pasaran diantaranya 4″, 5″, 7″, 10″, 12″. Namun yang paling banyak digunakan adalah ukuran 7″ dan 10″. Setiap ukuran layar memiliki kelebihan dan kekurangan.
Ukuran layar komputer tablet yang kecil memiliki keuntungan lebih mudah untuk dibawa bahkan dimasukkan kedalam saku, kebutuhan daya lebih sedikit namun karena ukuran layar yang kecil membuatnya kurang nyaman dalam pengoprasian. Sedangkan ukuran layar yang lebih besar memberikan keuntungan lebih nyaman dalam hal pengoprasian namun lebih boros daya dan portabilitas lebih rendah,   Komputer Tablet 12 inch, Sahara NetSlate a230T.

Sistem Operasi Komputer Tablet

Seperti komputer pada umumnya, komputer tablet juga memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi (operating system) untuk mengatur kerja perangkat kerasnya.Ada beberapa sistem operasi yang sering disertakan dalam komputer tablet diantaranya :

  • Android.

Android merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka (open source) yang pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Android Inc, yang selanjutnya pada tahun 2005 perusahaan ini di beli oleh Google. Untuk komputer tablet google mengeluarkan sistem operasi Android 3.0 (Honeycomb), sementara Android 2.3 (Gingerbread) untuk ponsel cerdas.

  • iOS Apple.

Sistem operasi ini dikeluarkan oleh Apple yang pada awalnya digunakan untuk iPhone namun selanjutnya dikembangkan untuk komputer tablet produksi Apple yang dikenal dengan nama iPad.

  • Windows 7.

Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi Windows milik Microsoft, Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi keluaran Microsoft yang bisa digunakan untuk komputer tablet.

  • QNX Software System.

Pada tahun 2010 perusahaan ini dibeli oleh RIM, selanjutnya sistem operasi ini digunakan pada komputer tablet BlackBarry PlayBook.

  • Palm webOS.

Sistem operasi webOS digunakan pada komputer tablet keluaran HP (Hewlett-Packard) yaitu HP TouchPad. Sistem operasi ini berbasiskan linux yang dikembangkan oleh Palm. Pada tanggal 18 Agustus  2011, HP menghentikan penggunaan sistem operasi ini.

Alasan Dibuat Komputer TABLET

Untuk mengakses Internet dulu kita menggunakan Komputer, kemudian Laptop lalu bergeser ke Handphone dan Smart Phone.Tapi sekarang, kita melihat trend baru yaitu penggunaan Komputer TABLET. Apa alasan orang bergeser ke Komputer TABLET? Berikut beebrapa alasan mereka :

1. Praktis Bisa Dibawa Kemana-mana.

Kecil dan compact. Gak menuh2in tas juga dan pas ditangan. Bayangin kalo kita bawa2 laptop kemana2. Ribet buka tutupnya dan cari colokan kalo batre abis. Betul?

2. Ringan Tapi MODIS.

Fungsinya sama kaya Laptop atau Komputer, tapi lebih ringan. Dijamin gak bikin tangan pegel. Ukurannya pas di tangan kita, selain itu bentuknya juga MODIS banget.

3. Multitasking

Mau browsing? Bisa. Mau nonton video? Bisa. Mau chatting? Bisa. Macem2 sampe nyatet2 tugas atau kerjaan.

4. Hemat Baterai.

Ga seribet laptop yg mesti colok dimana2, rata2 tablet kuat seharian kalo setelah di-charge. Ya asal makenya juga manusiawi.

5. Efisien

Pemakaian tablet itu lebih efisien. Soalnya dari mulai dinyalain, jarang banget nunggu loading. Bandingin sama laptop yg mesti nyalain, standby, tutup, buka lagi. Ditambah lagi ada touch screen yang bikin akses tabletnya makin cepet.

6. Wireless

Mau memakai wifi atau taruh sim card, bisa. Intinya gak perlu nyangkut di colokan internet.

7. Entertainment

Buat sebagian orang, perlu banget memisahkan fungsi nelepon sama tablet. Yang intinya, nelepon ya nelepon, tablet ya buat kerjaan sehari2 dan usahakan bisa buat entertainment tabletnya.

Komputer tablet sejatinya adalah sebuah komputer portable seperti halnya laptop. Sesuai dengan namanya, bentuknya seperti tablet yang dipenuhi layar.

Contoh komputer tablet :

  • Tablet PC versi Windows XP yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2000.
  • Produk IPad yang diluncurkan Apple pada akhir Januari 2010.
  • Samsung Galaxy Tab yang diluncurkan Samsung pada awal September 2010.
  • BlackBerry Playbook

Komputer tablet memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan penggunanya mempergunakan stylus atau pulpen digital untuk mengoperasikannya. Karena itu, pada umumnya komputer tablet tak dilengkapi keyboard maupun tetikus, lalu bagaimana cara untuk mengetik tulisan atau memasukkan teks? sejumlah komputer tablet rata-rata dilengkapi keyboard virtual yang bisa ditampilkan di layar. Beberapa produk ada yang dilengkapi program untuk mengenali tulisan tangan. Komputer tablet yang tak memiliki keyboard ini sering disebut komputer tablet murni.

Selain itu komputer tablet juga dirancang lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan netbook, komputer tablet dengan mudah dimasukkan dalam tas kecil atau bahkan dompet yang menjadikan mereka menjadi piranti jinjing yang diidamkan. Rata-rata komputer tablet ini juga menawarkan kemampuan untuk membaca email, browsing dan berselancar di internet dengan lebih sederhana.

Adapun kekurangan komputer tablet ini, sejumlah pendapat yang dihimpun dari berselancar di dunia maya menyebutkan bahwa fitur-fitur dan aplikasi yang bisa dimuat komputer tablet lebih terbatas, meski dari segi bentuk perangkat ini lebih simpel ketimbang laptop atau notebook. Seperti dalam hal video chat, pemrograman, update foto dari kamera, kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibanding laptop serta kemampuannya menginstal dari beragam media.

3.PENUTUP

Demikian pembahasan tentang komputer tablet yang kini sedang populer, dan semua itu balik kembali kepada kita sendiri penikmat teknologi yang semakin lama semakin berkembang. Gunakan teknologi yang ada dengan sebaik mungkin jangan hanya untuk sebuah trend saja tetapi gunakanlah dengan sebaik-baiknya sehingga lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: